Studio Press

Just another Blogger Blog

?? Asam Karbonat ??

Bagi temen- temen yang sering melalui jalan Padalarang-Bandung, Jawa Barat, tentu sering melihat tungku- tungku besar yang berjejer di tepi jalan, dan tampak lalu lalang truk- truk yang membawa batu kapur untuk dimasukkan ke dalam tungku besar tersebut.
sekarang apa hubungannya ya? Mungkin kita pernah mendengar bahan kimia yang bernama kalsium karbonat dengan rumus CaCO₃. Nah, di tungku- tungku itulah terjadi proses pembentukan CaCO₃ yang dilakukan secara komersial atau skala industri.
Now, tahukah temen- temen?! Jika dipasaran, CaCO₃ dijual dalam dua jenis yang berbeda menurut kemurnian produk CaCO₃ di dalamnya. Kedua jenis tersebut adalah heavy type dan light type. Yuk kita lihat gimana buatnya.
CaCO₃ heavy type diproduksi dengan cara menghancurkan batu kapur menjadi powder halus, kemudian disaring sampai diperoleh ukuran powder yang diinginkan. Selanjutnya disimpan sebelum dikemas.
Sedangkan CaCO₃ light type, proses produksinya lebih rumit dibandingkan dengan heavy type. Pertama, CaCO₃ dibakar, hingga menghasilkan CaO ( oksida kalsium )dan CO₂. Kemudian, CaO dicampur dengan H₂O dan diaduk, hingga terbentuklah senyawa Ca(OH)₂ ( kalsium hidroksida ). Setelah Ca(OH)₂ terbentuk, Ca(OH)₂ disaring untuk memisahkan senyawa pengotor. Ca(OH)₂ yang telah disaring kemudian direaksikan dengan CO₂ untuk membentuk CaCO₃ dan H₂O. lantas, endapan CaCO₃ hasil reaksi tadi disaring dan dikeringkan. Dan terakhir, CaCO₃ dihaluskan menjadi powder CaCO₃. Duh… rumitnya..
Jadi, sudah jelas bahwa CaCO₃ light type mempunyai tingkat kemurnian lebih tinggi dibandingkan heavy type.
Kemudian, sekarang kita beralih ke manfaat CaCO₃ di bidang industri. Ya.. tentu banyak industri yang telah memanfaatkan CaCO₃. Diantaranya industri bolpoin dan kertas, ban mobil dan ban motor, cat, pembuat pipa PVC, dan industri pembuatan pasta gigi.
Saat ini ada sekitar 7 perusahaan yang memproduksi CaCO₃ di Indonesia. Salah satunya adalah PT. Indonesia Kalsium Karbonat Agung, yang terletak di Padalarang, Jawa Barat.
Jadi, sekarang kawan- kawan sudah tahu sedikit tentang CaCO₃ kan?! ^_^

No comments:

Post a Comment

Custom Search

Followers


Shoutbox widget

About Me

My photo
Ha ha ha... I m a demon art. i will share with you antything what i can. so, please read

aSsisTant